Minggu, 25 Maret 2012

BIOS dan Peripheral

BIOS/Basic Input Output System adalah suatu piranti memori pada sebuah PC(Personal Computer) yang berfungsi untuk mengintegrasikan seluruh device pendukung yang terdapat pada PC tersebut.
Hal yang bisa dilakukan BIOS :
      1.       Inisialisasi(penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras(Power On Self Test,POST)
      2.       Memuat dan menjalankan sistem operasi
      3.       Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam computer
      4.       Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan         BIOS Runtime Services.
BIOS biasa disebut ROM karena BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motherboard,tujuannya agar BIOS dapat dieksekusikan pada waktu computer dinyalakan tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan terlebih dahulu.Namun BIOS dalam computer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau flash ROM.
BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan(assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Peripheral adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan external yang dihubungkan dengan computer.Peripheral merupakan peralatan tambahan dengan fungsi tertentu untuk membantu kinerja computer.
Menurut fungsinya peripheral dibagi menjadi 2 yaiut input dan output

Beberapa contoh peripheral input :
1.mouse
Mouse adalah perangkat input yang dapat memasukan data berupa berakan objek yang sevelumnya telah dipindai oleh Optikal yang ada pada Mouse (Optical Mouse) tersebut, atau berupa gerakan bola yang berguling pada bagian dalam badan Mouse (Ball Mouse).
2.keyboard
Keyboard adalah device yang cukup penting untuk menjalankan komputer karena sebagian komputer tidak dapat dioprasikan tanpa dipasangnya Keyboard pada CPU
3.webcam
WebCam adalah device yang digunakan untuk memasukan data berupa gambar diam (Photo) atau gambar bergerak (Video) kedalam komputer

Beberapa contoh peripheral output
1.monitor
Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang sselanjutnya ditampilkan kepada User.
2.printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data pada dokumen yang biasanya berupa kertas
3.speaker
Speaker adalah periferal yang digunakan untuk mengeluarkan data berupa suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar