Minggu, 25 Maret 2012

Sistem Operasi

Sistem operasi (SO/Operating System/OS)adalah suatu software system yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar system termasuk menjalankan software aplikasi.
Sistem operasi secara umum terdiri atas beberapa bagian :
1. Mekanisme  boot  :  meletakkan kernel ke dalam memori.
2. Kernel  :  inti dari sebuah Sistem Operasi.
3. Command Interepreter/shell  :  yang bertugas membaca input dari pengguna.
4. Pustaka-pustaka  :  yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver  :  untuk berinteraksi dengan hardware eksternal,sekaligus untuk mengontrol mereka.
Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi,Application Programming Interface atau disingkat API.Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan sistem operasi.
Sistem Operasi utama yang biasa digunakan oleh pengguna computer :
1.  Microsoft Windows
Sistem Operasi ini dikembangkan oleh perusahan Microsoft.Contoh sistem operasi dari Microsoft diantara lainnya : Windows XP,Windows Vista,Windows 7,dan yang terbaru windows 8.
2.  Unix/Linux
Sistem Operasi ini dikembangkan dengan model pengembangan open source.dimana open source merupakan model pengembangan software yang memperbolehkan pengguna untuk menyalin,memodifikasi,dan mendistribusikan software tersebut.Contoh sistem operasi dari Linux diantara lainnya : Redhat,Suse,Mint,Kuliax,IGOS dan lain-lain.
3.  Macintosh
Sistem Operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Apple.sistem operasi ini hanya bias dijalankan dihardware computer yang dikembangkan oleh perusahaan Apple.Contoh sistem operasi dari Macintosh diantara lainnya : Mac OS X versi 10.4 (tiger) dan versi 10.5 (leopard).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar